Di seluruh Indonesia, tercatat 5.590 sungai induk dan 600 di antaranya berpotensi menimbulkan banjir. Daerah rawan banjir yang dicakup sungai-sungai induk ini mencapai 1,4 juta hektar. (https://www.bappenas.go.id/) 

Banjir bukan hanya menyebabkan sawah tergenang sehingga tidak dapat dipanen dan meluluhlantakkan perumahan dan permukiman, tetapi juga merusak fasilitas pelayanan sosial ekonomi masyarakat dan prasarana publik, bahkan menelan korban jiwa. 

Sejumlah wilayah Indonesia sering mengalami bencana banjir. Hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak Sabtu (3/10/2020) siang hingga malam ini, menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Ambon terkepung banjir. Beberapa wilayah yang terdampak seperti Desa Batu Merah dan Jalan AY Patty, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.


Kedua lokasi ini memang menjadi langganan banjir, jika hujan dengan intensitas tinggi mulai turun. Sementara lokasi lainnya, yakni di daerah Kadewatan, Tanah Tinggi, Batu Gajah, Desa Galala, dan beberapa lokasi lainnya juga tampak tegenang.


Banjir yang mulai meninggi ini, menyebabkan warga yang berada di sekitar wilayah rawan banjir memilih untuk mengungsikan diri. Air merusak sejumlah fasilitas publik hingga rumah warga. 

Ayo #SahabatDermawan bersama kita bantu warga terdampak bencana bandang di Indonesia.

1. Masukkan nominal sedekah #SahabatDermawan

2. Klik “Donasi Sekarang”

3. Lengkapi data beserta doa #SahabatDermawan

4. Klik “Kirimkan Pembayaran” 

5. Transfer Donasi 

SEDEKAHPlus.com, Bersama Menebar Manfaat

Peduli Bencana Indonesia

SEDEKAHPLUS.com

Rp 0 Raised Of Rp 500.000.000 Target

0%
  • 467 Hari Tersisa
  • 0 Donatur