“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya” (Qs. Ali Imran: 92).

Sedekah atau dalam bahasa Arab disebut Shadaqah, sebenarnya adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infaq. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta, termasuk senyumanmu kepada saudara seiman adalah bagian dari sedekah itu sendiri.

Infaq yaitu mengeluarkan atau membelanjakan harta yang mencakup zakat dan non-zakat. Infaq ada yang wajib ada yang sunnah. Jenis infaq minimal ada dua yaitu infaq wajib diantaranya kafarat, nadzar, zakat dan sebagainya, dan infaq sunnah diantaranya infaq kepada fakir miskin sesama muslim, infaq bencana alam dan lain-lain.

Seperti yang dikutip dari Hadist riwayat Bukhori, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Kullu ma'rufin shodaqoh", yang artinya setiap kebaikan adalah sedekah.

Berbeda dengan zakat, dana infaq dapat diberikan kepada siapapun meskipun tidak termasuk dalam delapan asnaf (golongan penerima zakat).

Jadi letak perbedaan antara zakat, infak, dan sedekah yaitu terletak pada hukum yang mewajibkan zakat, sementara infak dan sedekah sunah.

Sedangkan yang membedakan infak dan sedekah terletak pada batasan yang diberikan. Infak hanya terbatas pada amalan berupa harta, sementara sedekah cakupannya lebih luas seperti memberikan senyuman, menyingkirkan batu dari jalan, dan sebagainya

Sedekah adalah jembatan mengentaskan kemiskinan. Sementara pengoptimalan zakat akan membantu pemerintah memberantas pengangguran. Karena dengan memanfaatkan dana zakat maka ummat akan diberdayakan.

LAZIS Wahdah sebagai sebuah lembaga pengumpul dana ZIS menerima amanah dalam penyaluran dana infaq yang dititipkan, melalui program kreatif dan produktif untuk membantu para mustahik dalam meningkatkan taraf hidupnya.

Partisipasi #sahabatdermawan untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekah melalui website Sedekah Plus akan memberikan kontribusi dalam memberdayakan ummat, mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. []


Ayo Berinfak

Sedekah Plus
Indonesia

Rp 900.000

    4 Donatur